The Church

Firman Tuhan di dalam 1 Tesalonika 5:25 berkata, “Saudara-saudara, doakanlah kami.” Ayat ini ditulis oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika. Kita melihat bahwa Paulus, masih meminta dukungan doa dari jemaat. Ini memperlihatkan, walaupun sudah menjadi rasul, Paulus masih membutuhkan dukungan doa.

Sebagai orang Kristen, walaupun sudah senior dan menjadi pelayan Tuhan, kita tetap membutuhkan topangan doa dari sahabat seiman lainnya di dalam satu komunitas. Oleh karena itu, kami menghimbau agar jemaat yang membutuhkan dukungan doa dalam hal apapun untuk dapat menghubungi kami atau SMS pokok doa anda ke nomor 0821-5403-7223, dengan format DOA-NAMA-POKOK DOA, contoh DOA DEDDY KELUARGA. Semua pokok doa yang masuk, akan didoakan selama satu minggu oleh para pendoa syafaat. Pokok doa ini dapat dikirim kembali via SMS, dengan format yang sama, jika masih mau didoakan. Bagi yang sudah memperoleh jawaban atas doanya, harap memberikan kesaksian nya melalui website ini atau SMS ke nomor di atas.

Bagi jemaat yang ingin menyampaikan sesuatu, atau yang mempunyai masalah dan membutuhkan pelayanan konseling dapat menghubungi PKS dikomsel masing-masing terlebih dahulu. Anda juga bisa konseling dengan gembala Psalm 21 di sekretariat gereja, dengan perjanjian terlebih dahulu. Jam konseling dengan gembala, Selasa-Jumat pukul 10.00-14.00. Untuk perjanjian konseling bisa hubungi sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini

Salah satu hal penting yang harus dilakukan seseorang ketika menerima Kristus sebagai Tuhan adalah menyerahkan dirinya untuk dibaptis. Di Alkitab, ada 4 jenis baptisan, yaitu : baptisan pertobatan, baptisan penderitaan, baptisan Roh Kudus dan baptisan air. Yang akan kita bahas disini adalah baptisan air. Pentingnya baptisan air : memberi diri dibaptis adalah salah satu perintah Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28:18-20; Markus 16:15-18).

Makna baptisan:

  • Sebuah tindakan iman untuk melaksanakan kepercayaan terhadap Injil.
  • Tindakan iman bahwa kehidupan lama dan seluruh dosa sudah dikuburkan bersama kematian Yesus.
  • Baptis adalah tanda pertobatan.

Syarat dibaptis:

  • Sudah bertobat dan percaya kepada Yesus dengan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi (Kisah 2:38; Markus 16:15-16, 1 Korintus 15:2-4, Matius 28:19).
  • Sudah berusia diatas 12 tahun (anak-anak dibawah usia 12 tahun tidak dibaptis, tapi diserahkan kepada Tuhan dalam Penyerahan Anak).

Tata Cara dibaptis

Alkitab hanya mengajarkan satu tata cara dibaptis, yaitu DISELAMKAN (Matius 3:13-17, Markus 1:9-10, Kisah 8:38-39, Roma 6:3-34). Di Psalm 21, setiap mereka yang belum dibaptis, selalu disarankan untuk mengikuti Seminar Kingdom Gathering. Karena dalam Seminar tersebut, mereka yang belum dibaptis, akan menerima pengarahan akan makna dan pentingnya baptisan. Bagi anda yang mau dibaptis, silahkan menghubungi sekretariat Psalm 21 via telphone gereja atau mendaftarkan diri di counter administrasi setelah selesai ibadah raya, atau melalui website ini

Keluarga adalah sebuah lembaga yang Tuhan tetapkan langsung. Gereja mengambil tanggungjawab untuk mengayomi mereka yang akan bersatu, membentuk sebuah keluarga. Keluarga dibentuk dengan pernikahan sepasang pria dan wanita yang dikehendaki dan diberkati Allah.

Pernikahan adalah sakral dan kudus dihadapan Allah. Jadi pernikahan harus dikuduskan di hadapan Allah (gereja). Bagaimana jika mereka sudah menikah sebelumnya, dengan alasan apapun? Bagi mereka yang sudah menikah sebelumnya, diberikan kesempatan untuk menguduskan pernikahannya kembali,Psalm 21 memberikan persyaratan bagi mereka yang akan melaksanakan pemberkatan nikah dan pengudusan pernikahan.

Syarat untuk Pemberkatan dan Pengudusan Pernikahan:

  1. Kedua calon pasangan adalah jemaat Psalm 21
  2. Telah tertanam di Komsel minimal 3 bulan
  3. Referensi dari PKS
  4. Mendaftar minimal 3 bulan sebelum pernikahan.
  5. Sudah dibaptis dan menyerahkan fotocopy akta baptis masing-masing.
  6. Telah mengikuti Kingdom Gathering dan Pemuridan Psalm 21.
  7. Mengisi formulir pra-nikah.
  8. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing.
  9. Surat keterangan belum pernah menikah dari kelurahan masing-masing.
  10. Fotocopy akta kelahiran masing-masing'
  11. Fotocopy surat ganti nama masing-masing (jika ada).
  12. Dua lembar pas foto bersama pasangan ukuran 4x6 berwarna.
  13. Surat pernyataan persetujuan dari orangtua kedua belah pihak.
  14. Wajib mengikuti konseling dan sesi kelas SPESIAL.(Seminar Pra-nikah Perspektif Alkitab). Kelas SPESIAL dapat diikuti dengan mendaftarkan diri di sekretariat gereja.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini

Anak-anak adalah pribadi yang penting bagi Tuhan. Saking pentingnya, terdapat 1168 ayat yang menjelaskan tentang anak-anak dalam Alkitab. Khususnya, Matius 19:13-15, yang menjadi dasar atas pelaksanaan Penyerahan Anak.

Matius 19:13-15, “Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Tetapi Yesus berkata: ‘Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.’ Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Anak-anak dibawah usia 12 tahun tidak dibaptis, tetapi diserahkan kepada Tuhan, dihadapan jemaat pada waktu ibadah raya. Pendaftaran dapat dilakukan, seminggu sebelumnya di counter administrasi di setiap ibadah raya, atau menghubungi sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini

Pemberkatan Rumah merupakan salah satu tradisi yang sudah ada sejak awal kristianitas. Bahkan, dalam Perjanjian Lama, kebiasaan memberkati rumah sudah ada. (Kejadian 39: 5….”Tuhan memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf……”. 2 Samuel 6:11…”Tuhan memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya”).

Di masa lalu, pemberkatan rumah dikaitkan secara nyata dengan fungsi eksorsisme atau pengusiran roh-roh jahat. Namun sekarang fungsi eksorsisme tidak lagi terlalu ditekankan, kendati tetap ada. Tujuan utama pemberkatan rumah adalah kita mengundang Tuhan untuk tinggal di rumah kita. Kita juga memohon agar Tuhan berkenan menjaga serta melindungi rumah seisinya dari segala bahaya dan gangguan.

Sekarang ini, pemberkatan rumah bukan lagi merupakan hal yang harus dilakukan, tetapi tentu kita harus bersyukur atas segala yang Tuhan telah titipkan kepada kita, salah satunya adalah rumah sebagai tempat tinggal kita. Di Psalm 21, pemberkatan rumah bisa dilakukan oleh gembala, salah satu pendeta di Psalm 21, atau oleh PKS di Komsel masing-masing. Bagi jemaat yang ingin mengadakan pemberkatan rumah, dapat menghubungi komsel masing-masing, sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini

Kematian pasti dialami setiap orang, tua dan muda. Bagi jemaat yang mengalami kedukaan (kematian), baik kematian yang dialami yang bersangkutan, atau keluarganya, dapat menghubungi sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini. Tim pelayanan penghiburan Psalm 21 akan segera memberikan pelayanan penghiburan, sampai kepada penguburan.

Tim pelayanan penghiburan terdiri dari para pelayan utusan dari Departemen Penggembalaan Psalm 21, serta PKS dan anggota komsel dari yang bersangkutan.

Syarat untuk menerima pelayanan penghiburan:

  • Sebuah tindakan iman untuk melaksanakan kepercayaan terhadap Injil.
  • Tindakan iman bahwa kehidupan lama dan seluruh dosa sudah dikuburkan bersama kematian Yesus.

Terkadang setiap kita dapat mengalami sesuatu yang membutuhkan pertolongan yang mendadak. Selain kematian, hal-hal seperti sakit-penyakit, kerasukan roh jahat, musibah kebakaran, bencana alam, dll, membutuhkan pertolongan dengan segera.

Psalm 21 menyediakan pelayanan emergency yang disebut Bethesda, sebuah komunitas yang terdiri dari para pengerja dan anggota dari berbagai komsel Psalm 21, khususnya yang melayani mereka yang sakit dan kerasukan roh jahat. Bagi jemaat yang membutuhkan pelayanan emergency, misalnya sakit-penyakit, mengalami bencana atau musibah, disarankan untuk menghubungi PKS masing-masing atau pengerja gereja yang tinggal berdekatan, atau dapat menghubungi sekretariat gereja via telphone gereja atau melalui website ini. Gereja akan mengutus tim Bethesda untuk memberikan pelayanannya.